Tutorial Installs Mikrotik Dengan Flash Disk




kmedia  

Sistem operasi mikrotik, adalah sistem operasi Linux base yang digunakan sebagai network router. dibuat untuk memberikan kemudahan dan kebebasan  bagi penggunanya. Pengaturan Administrasinya dapat dilakukan menggunakan Windows Application (WinBox). Komputer  yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, misalnya hanya sebagai gateway. Kecuali mikrotik digunakan untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) sebaiknya menggunakan spesifikasi yang cukup memadai .
http://www.vembazax.com/wp-content/uploads/2011/02/DOMbesar.jpg
Mikrotrik Routeros

Fitur-fitur mikrotik  diantaranya : Firewall & Nat, Hotspot, Routing, DNS server, Point to Point Tunneling Protocol, Hotspot, DHCP server, dan masih banyak lagi.

B.Cara Menginstall
Ada 2 cara untuk meng-isntallnya, melalui CD-Rom dan melalui Flash Disk. Karena dari Media CD sudah sering dibahas, jadi saya akan membahas instalisasi Mikrotik dengan menggunakan Flash disk {kata temen saya di forum, untuk pentium 3 gak bisa.}Langkah awal untuk menginstall mikrotik ini adalah dengan tersenyum, bercanda dulu dengan rekan-rekan, berguyon ria sampe ketawa keras hingga akhirnya teriak dengan kencang sebanyak 100 kali {Langsung digebukkin rame-ramehttp://www.laymark.com/l/m/m181.gif}. Disini akan dibahas manajemen bandwidth dari speedy, jadi dari modem ADSL turun kabel RJ45 kmudian masuk ke LAN CARD komputer yang telah di install mikrotik Alasannya karena sangat mudah di gunakan, dan spesifikasi komputer yang di butuh kan juga bermusuhan alias bersahabat. Ok langsung saja proses instalasinya.

Pertama kali yang harus di siapkan adalah file mikrotik ny {ya pasti}, klo belum punya bisa di unduh di official web-nya {lewat torrent // apa? gk pernah dengar torrent?}. Jangan lupa setting bios nya jadi IDE trus lakukan booting mikrotik, semua konek biar pake USB CDdriver atau booting dari flashdisk // like this yo!!}.

Next:
http://www.vembazax.com/wp-content/uploads/2011/02/0021.png
Udah sampe' sini belom?

[ x ] system: Paket utama, berisikan driver dan layanan dasar Mikrotik ROS
[ x ] ppp: Paket mendukung PPP, PPTP, L2TP, PPPoE, dan ISDN PPP
[ x ] dhcp: Paket mendukung DHCP Server dan Client
[ x ] advanced-tool: Paket untuk utility email client, pingers, netwatch dan utility lainnya
[ x ] hotspot: Paket untuk Hotspot
[ x ] mpls: Paket mendukung MPLS
[ x ] routerboard: Paket utility RouterBoard
[ x ] routing: Paket mendukung RIP, OSPF dan BGP4
Kemudian tekan ‘i’ untuk menginstal lokal di PC Anda
‘Do you want to keep old configuration? [y/n]‘
Pilih ‘n’ untuk instalasi baru.
‘Warning: all data on the disk will be erased!
Continue? [y/n]‘
Pilih ‘y’ untuk melanjutkan.

Lalu, tekan enter untuk reboot.
http://www.vembazax.com/wp-content/uploads/2011/02/0041.png
Ok, sukses

Instalasi sudah berhasil, semua fitur/paket yang Anda pilih sudah dapat Anda gunakan, namun memiliki keterbatasan waktu hanya 24 jam saja. Anda memerlukan license key baru. Software ID router instalasi Anda : YSMF-VUUK. Tekan enter.
Mikrotik Login: admin, Password: kosong


C. Konfigurasi GUI Mikrotik menggunakan Winbox
Hubungkan PC Router Mikrotik Anda ke jaringan, akses winbox dari PC/Laptop (klik untuk mendownload Winbox tanpa instalasi.). Jalankan Winbox, klik … (titik tiga, samping menu connect) untuk men-scan Mikrotik RouterOS yang ada di jaringan Anda. Karena PC Router Anda belum memiliki IP, pilih mac-address PC Router Anda. Username: admin, Password: kosong, Kemudian klik ‘Connect’.
http://www.vembazax.com/wp-content/uploads/2011/02/0051.png
Gambar 1
Winbox berhasil login ke PC Router Mikrotik Anda. Pada RouterOS Welcome klik OK.
http://www.vembazax.com/wp-content/uploads/2011/02/0061.png
Step 2

 Catatan:
Lisensi Mikrotik akan digenerate berdasarkan software-id yang akan muncul setelah proses instalasi router-os dilakukan. Software-id akan melekat pada harddisk. Software-id tidak bisa dipindahkan ke harddisk lainnya. Harddisk dapat dipindahkan ke PC lainnya. Lakukanlah pemesanan lisensi setelah Anda menginstall router-os pada harddisk yang memang akan digunakan. Jangan memintakan lisensi untuk harddisk uji coba. Mikrotik Indonesia tidak menjamin/menggaransi lisensi yang hilang disebabkan adanya perubahan software-id yang terjadi karena harddisk rusak, penggantian harddisk, harddisk terformat, atau pun sebab-sebab lainnya yang mengakibatkan tergantinya software-id. Proses upgrade versi yang sesuai prosedur, tidak mengakibatkan hilangnya software-id.

Jadi silakan beli lisensinya atau suka yg gratisan? cari aja crack nya.  http://www.laymark.com/l/m/m021.gif
http://www.vembazax.com/wp-content/uploads/2011/02/0101.png
Cara masukkan lisensi key

0 komentar:

Posting Komentar