TIPS dan TRIK Pemilihan DNS yang tepat dibuktikan disini

Bismillah.
Pemilihan DNS yang tepat mempengaruhi kestabilan koneksi internet. Langsung aja rede gan..
Ternyata tidak selalu memilih DNS yang lokasinya dekat itu lebih baik.
Ane buktikan: Lokasi ane di Majalengka Jawa Barat, koneksi Speedy Unlimited Up-to 1Mbps/250kbps.
Harusnya Lokasi yang tepat untuk ane adalah DNS server JKT 1 telkom yakni : 202.134.0.155
Ternyata teori itu tidak berlaku bagi ane. Maka dari itu, sebaiknya percaya setelah membuktikan sendiri.

Tools : CMD (Command Prompt), simple aja gan, langsung ke TKP!
Menggunakan pengetesan “ping” tidak menyakinkan, nilai berubah-ubah. Gunakan “tracert”!
KETIK: tracert 202.134.0.155 (enter)

Hasilnya adalah 6 Hop :

Selanjutnya, Ane penasaran, ane uji DNS yang kedua, DNS server JKT 2 telkom yakni : 203.130.196.5
KETIK: tracert 203.130.196.5 (enter)

Hasilnya adalah 5 Hop : (lebih baik dari pengujian yg pertama)


Selanjutnya, Ane penasaran lagi, ane uji DNS yang ketiga yang jauh! DNS server SBY telkom yakni : 202.134.1.10
KETIK: tracert 202.134.1.10 (enter)

Hasilnya adalah 5 Hop! fantastic : (lebih baik dari pengujian yg pertama juga)

KESIMPULAN :
ANE SEGERA RUBAH DNS DI MODEM DARI OTOMATIS KE STATIS, JUGA DI MIKROTIK mengikuti MODEM, PC (optional).
PRIMARY DNS        :  203.130.196.5
SECONDARY DNS   : 202.134.1.10
Kalo di mikrotik, gunakan winbox, pergi ke ip>dns>cache> dan klik Flush cache-nya.
yang di windows, masih di “CMD” (Command Promt), Ketik : ipconfig /flushdns (enter)

CEK SPEED :
Ane pake alamat : http://speedtest.cbn.net.id/
Hasilnya (speedy Unlimited Up-to 1Mbps/256kbps) adalah:

Semoga Bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar